Jumat, 07 Oktober 2016

3 Cara Mudah Menghemat Gaji Bulanan


Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya berhemat itu sama susahnya dengan menabung. Juga bukan perkara baru jika gaji yang kita terima tiap bulan hampir selalu kurang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup kita.

Jika sudah begini, maka pilihan terakhir untuk menambal kurangnya biaya hidup hingga gajian berikutnya adalah dengan berhutang. Jika bulan ini berhutang, maka saat gajian bulan depan kita akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar hutang. Maka bisa dipastikan bulan depannya lagi kita juga akan mengalami defisit keuangan yang serupa. Dan jika siklus ini terus berlangsung, maka kita akan terjebak dan mulai bergantung pada hutang. Padahal roda keuangan seseorang itu susah ditebak, bayangkan jika seseorang yang biasa meminjamkan uangnya ke kita tiba-tiba goyah ekonomi karena banyaknya kebutuhan yang harus ia penuhi sendiri, maka tamatlah kita.

Untuk menyiasati hal tersebut, maka ada baiknya kita menerapkan 3 langkah hemat di bawah ini untuk menghindari hutang di akhir bulan:

1. Membawa bekal makan siang
    Bagi kita para karyawan yang biasa makan siang alangkah baiknya jika mulai membiasakan diri membawa bekal makanan dari rumah. Jika diasumsikan satu kali makan siang kita biasa menghabiskan uang 10.000 rupiah dan jika dalam satu bulan kita bekerja 25 hari, maka kita bisa berhemat 250.000 rupiah. Namun jika kita bosan dengan bekal yang kita bawa, boleh saja sesekali makan di luar.

2. Siapkan dana cadangan
    Ada baiknya saat kita baru menerima gaji kita sisihkan 15% dari jumlah gaji yang kita terima untuk dana cadangan. Yaitu uang yang benar-benar kita simpan dan jangan kita pakai kecuali dalam keadaan mendesak.

3. Kurangi Hangout 
    Jalan-jalan bareng temen atau sekedar nongkrong merupakan cara ampuh bagi kita untuk melepas penat dan lelah setelah berkecimpung dengan kerjaan. Namun jika hal tersebut terlalu sering dilakukan justru dapat membahayakan keuangan kita. Bahkan tak jarang keinginan-keinginan baru akan muncul karena efek dari seringnya hangout. Apalagi jika hangoutnya ke toko dan mall-mall. Maka alangkah baiknya kita mengerem intensitas hangout agar terhindar dari bocornya keuangan pada hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Itulah tiga hal yang bisa kita coba untuk mengamankan gaji bulanan
agar terhindar dari hutang. Semoga bermanfaat.

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar